- Sejak 2008 Menjadi Solusi Company Profile Bagi Beragam Perusahaan | Bikinprofil Dot Com | Solusi Website dan Company Profile | 03416500606 (Esia) | info@bikinprofil.com | http://www.bikinprofil.com -

Liputan Mengenai Bikinprofil Dot Com di Harian Malang Post

Berikut adalah kutipan liputan owner Bikinprofil Dot Com pada harian Malang Post :

Versi asli dapat dilihat di : Bikinprofil Dot Com di Malang Post

Peluang Bisnis Entrepreneur Masih Besar
Senin, 08 November 2010 18:26
MALANG- Sukses bisa diawali dengan mimpi. Namun mimpi tak boleh hanya sekadar angan-angan. Harus ada action atau tindakan untuk mewujudkan impian. Hal tersebut disampaikan oleh Faizal Alfa, owner situs bikinprofil.com saat seminar “Seize Your Dream” di Magistra Utama. beberapa waktu yang lalu.
Faizal Alfa menjelaskan bahwa saat ini di Indonesia peluang untuk bisnis entrepreneur alias berwirausaha sangat besar, pasalnya jumlah entrepreneur tak lebih dari 0,2 persen dari total penduduk di Indonesia.
Mindset bahwa bekerja di sebuah perusahaan menjadi ukuran keberhasilan seseorang menjadi salah satu kendala yang harus segera diubah. Faizal mengatakan, ada stereotype bahwa menjadi pengusaha bukanlah sebuah pekerjaan. Seseorang dinilai bekerja jika sudah berada dalam naungan sebuah perusahaan.
“Padahal, Singapura menjadi negara sebesar itu, berkat angka wirausahawannya tinggi. Ini menunjukkan bahwa entrepreneur sangat prospektif jika dikembangkan dengan strategi yang tepat. Bahkan peluang suksesnya bisa jauh lebih tinggi jika dibandingkan menjadi karyawan sebuah perusahaan,” urai pria jebolan Universitas Brawijaya ini. Faizal menegaskan ada beberapa hal yang patut diperhatikan ketika terjun di dunia entrepreneur, yaitu ide segar, market yang jelas, modal, dan syndrome 3M yaitu Menyalahkan, Memaklumi dan Menyimpulkan.
“Ide segar harus selalu digali, menghadirkan konsep yang berbeda sangat penting untuk memulai terjun di entrepreneur,” jelasnya. Jika selama ini modal menjadi kendala utama setiap pengusaha, maka hal tersebut sebenarnya tak perlu terjadi. Pasalnya setiap orang pada dasarnya memiliki aset yang berharga.
“Kemampuan berpikir, otot untuk bekerja, ketrampilan adalah modal yang tak ternilai harganya,” jelas dia.
Faizal menambahkan, bagi entrepreneur pemula, yang wajib diwaspadai adalah sindrom 3M (Menyalahkan, Memaklumi dan Menghakimi). Kebanyakan orang yang tak mau berusaha selalu menyalahkan kondisi. Terutama pada saat kondisi yang tidak menguntungkan, bisnis bangkrut, jualan tak laku, promosi tersendat, dan lain sebagainya. Faizal mengatakan, pada saat kondisi tersebut maka akan terlontar kata-kata yang sifatnya menyalahkan kondisi. Contohnya menyalahkan cuaca hingga kebijakan pemerintah.
“Padahal, entrepreneur adalah orang yang selalu bisa memanfaatkan keadaan. Yang kurang menguntungkan menjadi menguntungkan. jadi buanglah sifat menyalahkan, karena kesulitan bagi entrepreneur sejatinya adalah sebuah peluang,” saran Faizal. M yang kedua adalah Memaklumi, ketika garis hidup menjadi orang biasa terpatri sejak dari para orang tua dan leluhur, maka bukan tidak mungkin membuat perubahan. “Kalau bapaknya nggak pintar, bukan berarti anaknya nggak pintar juga, justru karena nggak pintar itulah anak harus belajar agar bisa lebih baik dari pendahulunya,” paparnya panjang lebar.
Sedangkan M yang ketiga adalah menghakimi atau justifikasi. Membuat kesimpulan padahal belum membuat langkah bukanlah sifat yang harus dipelihara. (fia/mar)
 

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan memberikan komentar untuk Bikinprofil Dot Com disini :