- Sejak 2008 Menjadi Solusi Company Profile Bagi Beragam Perusahaan | Bikinprofil Dot Com | Solusi Website dan Company Profile | 03416500606 (Esia) | info@bikinprofil.com | http://www.bikinprofil.com -

CORPORATE IDENTITY : Logo atau imbol

Dalam suatu perusahaan baik perusahaan besar maupun kecil pasti mempunyai karakter tersendiri, maka dari itu setiap perusahaan harus mempunyai ciri khas yang dapat menunjukkan sifat dan identitas diri perusahaan tersebut. Dan hal ini salah satunya dapat ditunjukkan dalam bentuk desain grafis berupa Logo atau Simbol dari perusahaan. Menurut perkembangan sejarah desain grafis/logo hanya digunakan sebagai dekorasi, belum ada pemahaman tentang hubungan antara desain dan keberhasilan dalam pasar.
Untuk perkembangan saat ini desain grafis/logo perusahaan merupakan sinyal identitas dari sebuah perusahaan yang mampu memberikan informasi secara keseluruhan tentang citra perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus kreatif, unik, menarik namun sederhana.
Pada umumnya ada tiga jenis logo perusahaan yaitu Logo Teks, logo Simbol dan logo Kombinasi.
1.      Logo Teks : Suatu logo dalam bentuk teks berupa nama atau inisial perusahaan yang ditulis dengan gaya kaligrafi tertentu atau bentuk tulisan yang unik
2.      Logo Simbol : Suatu logo yang berbentuk symbol grafis atau ikon untuk mewakili suatu perusahaan.
3.      Logo Kombinasi : Suatu logo yang merupakan kombinasi mencakup fitur dari kedua logo teks dan logo simbol.
Perlu kita ketahui bersama bahwa logo merupakan identitas suatu perusahaan. Jadi harus dilindungi dari plagiat atau segala bentuk duplikasi oleh perusahaan lain. Saat ini ada beberapa undang-undang untuk melindungi hak cipta dari logo perusahaan. Perusahaan bebas untuk membuat perubahan kecil di logo yang ada.
Adapun cara bagaimana mendesain logo perusahaan :
1.   Logo didesain secara sederhana tetapi unik, mampu tumbuh dengan perusahaan dan mampu dipertahankan dalam jangka waktu yang lama. Dapat mewakili perusahaan dan produk yang dipasarkan.
2.   Menbuat desain yang menarik, hal ini bisa dilihat dari segi warna dan bentuk, sehingga menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan.
3.   Usahakan logo yang dibuat tidak berlebihan tapi masih cocok dengan gaya bisnis perusahaan.
4.   Logo yang dibuat harus mudah dibaca, di lihat, bahkan di ingat oleh public, karena fungsi logo sebagai identitas kepribadian suatu perusahaan maka harapannya dengan melihat logo saja orang sudah mengerti arti perusahaan tersebut.

1 komentar:

Posting Komentar

Silakan memberikan komentar untuk Bikinprofil Dot Com disini :