Saat ini, company profile menjadi sebuah aspek penting dalam suatu bisnis atau perusahaan. meskipun sederhana, company profile adalah sebuah hal yang tidak biasa dianggap sepele. Bayangkan saja, puluhan cabang di seluruh dunia, ratusan hingga ribuan karyawan, jajaran mesin-mesin terbaik, klien-klien paling fenomenal, hingga proyek-proyek raksasa yang pernah ditangani oleh perusahaan kita, harus dirangkum dalam sebuah paparan singkat, jelas, dan informatif bernama company profile. Pertanyaannya, siapkah kita kecewa dalam sebuah pertarungan tender, meratap dalam sebuah kegagalan penawaran, atau menyesali lepasnya sebuah proyek, hanya karena company profile yang tidak tertangani dengan baik? sungguh sebuah dosa besar ketika kita menyepelekan sebuah hal besar dengan tidak bersungguh-sungguh mengerjakannya. Namun, hal ini juga dapat berlaku sebaliknya, misalnya sebuah proyek yang dipercayakan kepada perusahaan kita, sebuah tender yang dapat kita menangkan, atau kepercayaan calon klien atas bonafiditas perusahaan kita yang bermula dari sebuah company profile yang ditangani dengan baik, menarik bukan?
Masalahnya, kita sering ragu dan bimbang, apa saja aspek yang sebaiknya dimuat dalam sebuah company profile? mana yang perlu dikupas, mana yang disimpan, sehingga akan memantapkan konsep company profile yang akan kita tampilkan.
Dalam tulisan kali ini, Take It Fun Company Profile Specialist akan membagi pengalaman selama menangani klien dengan berbagai karakteristik. Meskipun setiap klien memiliki latar belakang yang beragam, ada beberapa hal yang seragam dalam aspek yang diekspose dalam tampilan company profile, yang tentunya juga layak untuk menjadi rujukan dalam penanganan company profile anda. Berikut beberapa aspek dasar yang menarik untuk dimuat dalam company profile perusahaan anda :
1. Logo dan Filosofi perusahaan
2. Visi dan Misi Perusahaan
3. Sejarah Perusahaan
4. Prestasi dan Penghargaan yang diraih
5. Produk atau Jasa yang ditawarkan
6. Aspek keunikan atau kelebihan Produk atau Jasa
7. Galeri Foto terkait perusahaan
8. Daftar Klien atau Pelanggan
9. Testimonial dari pelanggan atau pengguna
10. Kontak lengkap perusahaan
Aspek-aspek ini bukanlah sebuah rumusan baku yang menjadi sebuah keharusan atau kewajiban, namun lebih bersifat tentative dan kondisional, terutama dalam kaitan potensi terbaik dari perusahaan anda, sehingga anda lebih tahu titik mana yang perlu mendapat porsi lebih. Penambahan maupun pengurangan aspek juga sangat mungkin dilakukan, yang jelas hal baru yang kita pelajari adalah bahwa company profile adalah representasi dari perusahaan anda, jadikan yang terbaik, dan jadikan company profile sebagai sebuah powerfull weapon bagi meledaknya pemasaran da pencapaian perusahaan anda.
Referensi yang lebih lengkap dan menyeluruh bisa anda dapatkan di : company profile
Salam Take It Fun
General Manager of
Company Profile Specialist Pertama di Indonesia
0 komentar:
Posting Komentar
Silakan memberikan komentar untuk Bikinprofil Dot Com disini :