- Sejak 2008 Menjadi Solusi Company Profile Bagi Beragam Perusahaan | Bikinprofil Dot Com | Solusi Website dan Company Profile | 03416500606 (Esia) | info@bikinprofil.com | http://www.bikinprofil.com -

Profil Perusahaan



Buah Karya : Muh. Akbar, Deputi Rektor Bid. Akademik & Kemahasiswaan Universitas Fajar

PROFIL perusahaan atau lazim disebut Company Profile adalah duta perusahaan. Sebagai duta, profil perusahaan harus berisi fakta. Bukan cerita. Fakta yang diungkapkan tidak perlu seluruhnya.Di sini, fakta dapat disajikan sesuai kepentingan, tujuan dan sasaran pembuatan profil. Bila memungkinkan satu perusahaan dapat memiliki lebih dari satu profil.

Selain menjadi duta, profil perusahaan juga merupakan alat ampuh untuk membangun citra. Sebagai alat pembangun citra, profil perusahaan harus tampil elegan dan memikat. Baik pesannya, maupun desainnya. Dengan demikian, profil perusahaan tidak dapat dibuat seadanya. Apalagi membuat asal-asalan.

Sedikitnya ada empat alasan perlunya perhatian khusus terhadap profil perusahaan. Pertama, hampir setiap perkenalan perusahaan diawali pemberian atau pengiriman profil. Kedua, hampir semua kemitraan dibangun melalui profil perusahaan.

Ketiga, profil perusahaan adalah penjelmaan perusahaan itu sendiri. Keempat, profil perusahaan adalah cendera mata yang tepat guna sebagai referensi/bahan rujukan bagi perusahaan atau instansi yang ingin bermitra dengan pemilik profil.

Untuk mencapai tujuan, profil perusahaan dapat ditampilkan dalam bentuk cetak atau audio visual. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Di balik kekurangan dan kelebihannya, keduanya saling mendukung dalam menyajikan informasi. Khusus penyajian informasi, dianjurkan singkat, padat, dan jelas. Bukan sebaliknya, panjang, lebar, dan kabur.

Selain itu, informasi yang ditampilkan tidak boleh ada unsur kebohongan di dalamnya, dengan dalih apa pun. Dengan demikian, informasi yang disampaikan harus dapat dipertanggungjawabkan. Bukan sebaliknya.

Dari sejumlah informasi yang ada dalam profil perusahaan. Visi dan misi perusahaan jangan sampai terlewatkan. Selain itu, informasi yang dapat dimasukkan dalam profil perusahaan adalah pengantar yang sekaligus merupakan penjelasan direksi atau komisaris tentang hal-hal penting yang terkait dengan perkembangan perusahaan, termasuk gambaran masa depan perusahaan harus diurai dengan perspektif masa depan.

Informasi lain yang tidak kalah pentingnya untuk ditampilkan adalah latar belakang perusahaan dan deskripsi mengenai produk barang atau jasa utama yang ditawarkan, termasuk jangkauan dan perkembangan pemasaran, bila memungkinkan disarankan menampilkan grafik untuk mendukung deskripsi prestasi. Misalnya, menampilkan grafik perkembangan penjulan produk perusahaan.

Sebagai antisipasi terhadap perkembangan masa depan, pernyataan komitmen perusahaan terhadap lingkungan sekitar (komunitas) juga tidak dapat diabaikan. Bila memungkinkan tampilkan gambar atau foto sebagai bukti nyata kepedulian terhadap lingkungan sekitar melalui program CSR. Demikian pula gambaran terhadap kesehatan perusahaan dapat dijadikan sebagai perluasan informasi dalam profil perusahaan.

Informasi lain tetap terbuka. Apa saja boleh, termasuk rencana pengembangan suatu perusahaan sepanjang dapat dipertanggungjawabkan. Dan, tidak bertentangan dengan tujuan dan sasaran pembuatan profil perusahaan.

Terakhir, hindari kesalahan fatal dengan tidak mencantumkan identitas perusahaan, seperti: nama, alamat, termasuk telepon, fax dan e-mail perusahaan. Selain tidak mencantumkan, kesalahan yang sering terjadi adalah salah dalam mencantumkan identitas, terutama dalam menulis dan menyebut angka.

Ingat, profil perusahaan adalah duta. Mengabaikan duta, berarti mengabaikan perusahaan. Dan, mengabaikan perusahaan berarti game over! (*)

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan memberikan komentar untuk Bikinprofil Dot Com disini :