Cara yang paling umum digunakan untuk menghitung anggaran promosi adalah dengan menetapkan angka persentase dari nilai penjualan. Nilai persentase ini bervariasi. Untuk usaha kecil bisa dianggarkan biaya promosi sebesar 5 % dari perkiraan hasil penjualan. Misalnya jika perkiraan nilai penjualan tahu ini adalah Rp 300 juta, maka dana yang perlu dialokasikan untuk biaya promosi adalah sebesar 5 % atau sebesar Rp 15 juta. Modifikasi akan sangat tergantung dari beberapa faktor spesifik pada bisnis kita, misalnya berapa lama bisnis telah berjalan, jenis produk atau jasa yang ditawarkan, seberapa jauh lokasi usaha berada, serta tipe konsumen yang dituju. Mungkin perlu dialokasikan lebih banyak anggaran promosi untuk bisnis baru yang menjual produk inovasi. Untuk bisnis yang sudah mapan, dengan jaringan distribusi yang lebih baik dan tingkat kompetisi rendah, maka anggaran promosi dapat dibuat lebih kecil.Faktor khusus yang mungkin perlu ditambah atau dikurangi dari angka rata-rata anggaran promosi 5 % meliputi semua faktor yang menurut intuisi kita bisa mempengaruhi nilai biaya promosi. Jika bermaksud menaikkan angka penjualan di atas angka yang dicapai sebelumnya, maka anggaran promosi ini perlu sedikit dinaikkan.
Perlu diingat bahwa semua kegiatan promosi hendaknya dipandang sebagai sebuah investasi bisnis, bukan sebagai kegiatan yang boros biaya. Berpromosi juga tidak hanya perlu dilakukan jika kita memiliki dana lebih. Dan investasi ini juga harus mendatangkan keuntungan. Jadi biaya promosi yang dikeluarkan haruslah kembali berlipat ganda dalam bentuk nilai penjualan.Tidak ada gunanya jika kita mengeluarkan dana promosi sekecil apapun nilainya jika tidak memberikan hasil.
Jika memungkinkan, mulailah dengan melakukan percobaan terhadap salah satu aktivitas promosi. Jika ternyata tidak cocok, cobalah teknik promosi yang lain, begitu seterusnya sampai kita mengetahui teknik mana yang paling sesuai.
TIPS Menghitung Anggaran Promosi:
1. Identifikasi berbagai kegiatan promosi yang akan dilakukan, apakah itu memasang iklan, melakukan promosi penjualan, atau menjalankan teknik humas.
2. Buatlah daftar kegiatan yang sangat berpengaruh untuk mencapai target penjualan, dan hitunglah biaya untuk setiap kegiatan tersebut. Lakukan perhitungan secara terperinci, misalnya pertimbangkan ukuran iklan, di mana akan beriklan, dan seberapa sering. Dengan cara ini kita akan mengetahui biaya yang perlu dikeluarkan untuk setiap metode atau teknik promosi.
3. Jumlahkan semua angka biaya promosi dari semua kegiatan yang akan dijalankan, dan bandingkan dengan angka anggaran yang sudah ditentukan. Lakukan beberpa penyesuaian agar kedua angka tersebut sama.
0 komentar:
Posting Komentar
Silakan memberikan komentar untuk Bikinprofil Dot Com disini :