- Sejak 2008 Menjadi Solusi Company Profile Bagi Beragam Perusahaan | Bikinprofil Dot Com | Solusi Website dan Company Profile | 03416500606 (Esia) | info@bikinprofil.com | http://www.bikinprofil.com -

Definisi, Fungsi, Aplikasi, dan Solusi Corporate Identity



DEFINISI CORPORATE IDENTITY
Corporate identity adalah suatu bentuk visual dan ekspresi grafis dari image dan identitas suatu perusahaan. Sebagai bentuk visual, corporate identity menampilkan simbol yang mencerminkan image yang hendak disampaikan. Sebagai suatu ekspresi grafis, sebuah corporate identity disusun berdasarkan sebuah konsep yang kuat mengenai arah sebuah perusahaan, penanganan yang serius dan komprehensif, memerlukan kreatifitas dan inovasi, serta proses sosialisasi tanpa henti.


FUNGSI CORPORATE IDENTITY
Corporate identity mempunyai beragam fungsi, antara lain :
  • ·         Sebagai penyatu strategi perusahaan.
Sebuah corporate identity yang baik harus sejalan dengan rencana perusahaan tersebut
- bagaimana perusahaan itu sekarang dan bagaimana di masa yang akan datang. Selain itu corporate identity harus dapat dengan tepat mencerminkan image perusahaan, melalui identitas pokok, produk dan jasa yang ditawarkan.
 
  • Sebagai pemacu sistem operasional suatu perusahaan.
Pertanyaan pertama yang muncul dalam pembuatan corporate identity adalah bagaimana suatu perusahaan ingin dilihat oleh publik. Pertanyaan ini secara tidak langsung membuat personil-personil perusahaan tersebut berpikir dan mengevaluasi sistem operasional mereka selama ini. Dari sini dapat ditemukan kelemahan atau kesalahan yang selama ini dilakukan, sehingga tercipta tujuan perusahaan yang lebih spesifik bagi kalangan internal perusahaan. 
  • Sebagai alat untuk membangun jaringan
Sebuah perusahaan yang ber-image positif, stabil, dapat dipercaya dan diandalkan akan menarik perhatian para investor untuk menanamkan modal dalam perusahaan tersebut. Jenis perusahaan yang seperti ini juga yang mendapat banyak keringanan saat ia membutuhkan tambahan modal dari bank. Produk-produk dari perusahaan ini juga mungkin menjadi produk yang paling laku dan digemari di pasar.
  • Sebagai alat jual dan promosi.
Perusahaan dengan image yang positif berpeluang besar untuk mengembangkan sayapnya dan memperkenalkan produk atau jasa baru. Konsumen yang telah lama memakai produk dari perusahaan tersebut akan dengan setia terus memakai produk itu. Mereka akan lebih menerima karena telah membuktikan sendiri bahwa produk itu benar-benar cocok untuk mereka.


APLIKASI CORPORATE IDENTITY
Tahap terakhir dari proses desain corporate identity adalah aplikasi. Dalam tahap ini seorang desainer atau konsultan komunikasi visual harus tahu apa yang penting dan efektif untuk bentuk desain corporate identity yang dibuat, apakah itu aplikasi pada business stationery, catalog, daftar harga, gedung perusahaan, bahkan kendaraan perusahaan. Tujuan dari tahap ini adalah untuk menciptakan suatu sistem komunikasi visual yang efektif dan menyatu. Diskusi intensif antara konsultan dengan klien penting dilakukan, Karena sinergi antara pihak perusahaan, yang selama ini bersifat sebagai kalangan internal yang paling banyak tahu tentang perusahaan tersebut dan mengetahui apa yang dibutuhkan, perlu disampaikan kepada pihak konsultan yang bertugas mengemas segala potensi perusahaan.
Beragam corporate identity yang sering digunakan, antara lain:
  1. Business Stationery (kop surat, amplop, memo, kartu nama, form, bon, nota, invoice, receipt dan lain-lain).
  2. Company Profile
  3. Packaging Set (sachet, box, karton, kemasan plastik)
  4. Advertising media
  5. Poster
  6. Brosur
  7. Flyer
  8. Katalog
  9. Kalender
  10. Album Foto
  11. Seragam (uniform), Topi, Scarf, Rompi, Jaket
  12. Stationery Stuff (Bolpoin, Blocknote, Map, ID Card)
  13. Signage system
  14. Gedung perusahaan
  15. Annual Report (Laporan Tahunan)
  16. Newsletter (Buletin perusahaan)
  17. Kendaraan perusahaan

-----------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
SOLUSI CORPORATE IDENTITY
Bikinprofil Dot Com didirikan dan beroperasi sejak 8 Agustus 2008.  Bikinprofil Dot Com dikelola oleh professional yang terdiri dari konseptor, scriptwriter, storyboarder, videografer, fotografer, narator,  website developer, animator, graphic designer, dan internet marketer profesional dengan pengalaman menangani beragam klien dari berbagai perusahaan. Potensi ide kreatif dan solusi dari kami siap dituangkan dalam media corporate identity, website dan company profile. Kami fokus dan konsisten mengelola bisnis di bidang corporate identity, website dan company profile, dan kami siap menjadi solusi corporate identity perusahaan anda. Kami siap membantu anda. 

Bikinprofil Dot Com
Solusi Website dan Company Profile
Head Office :
Jl. Soekarno Hatta, Kawasan Griya Shanta L 207
RT 008 / RW 012, Mojolangu | Lowokwaru
Malang | Jawa Timur | Indonesia | 65141

Customer Service : 03416500606 (CDMA - Esia)

NPWP : 35.159.549.1-652.000



0 komentar:

Posting Komentar

Silakan memberikan komentar untuk Bikinprofil Dot Com disini :